Iklan Header 468 x 60px

Sabtu, 12 September 2015

Tips Membuat Bakso Super Enak dan Sehat

Reseponline.Net, Kelezatan bakso memang sudah tidak diragukan lagi, berjuta juta masyarakat Indonesia menyukai kuliner berkuah ini, Tetapi untuk membuat bakso yang mempunyai cita rasa yang super enak dibutuhkan beberapa Tips dan pengetahuan dasar tentang fungsi dan kegunaan bahan bahan bakso, Mulai dari pemilihan bahan yang berkualitas juga cara pembuatan yang pas. Untuk menghasilkan bakso yang berkualitas dibutuhkan banyak riset yang mendalam serta membutuhkan waktu yang lama dan juga modal yang tidak sedikit
tetapi kali ini admin Reseponline akan membagikan Tips membuat bakso yang super enak dan sehat yang admin rangkum dari pakar bakso kenamaan Bpk A Gunawan Sutanto, S.Si yang berasal dari  Solo jawa tengah, menurut beliau untuk membuat bakso Yang super enak harus mengetahui beberapa fungsi bahan pembuat bakso supaya bisa menentukan takaran dan pemilihan bahan yang tepat, diantaranya adalah :


Tips Membuat Bakso Super Enak dan Sehat


1.Fungsi Es Pada Adonan Bakso


Mungkin selama ini kita belum tau secara pasti mengapa dalam setiap membuat bakso khususnya diwaktu kita memasukkan daging kedalam meat micxer selalu disertai dengan Es mengapa bukan dikasih air saja, Mari kita analisis pernyataan berikut ini :

Baca Juga : Resep Bakso Urat Super Lezat

  1. Ketika bahan Bahan bakso yang berupa daging dan bahan pendukung lagi dimasukkan kedalam meat micxer maka akan terjadinya suatu proses kimia dari bahan bahan bakso yang kita buat tadi. untuk persamaan Kimianya kami belum mengetahuinya atau belum ada literaturnya, mungkin diantara pembaca yang sudah ada yang menelitinya, bisa di share disini :)
  2. Menurut logika Kimia Bpk A Gunawan Sutanto, S.Si yang mempunyai latar belakang pendidikkan Alumi FMIPA Kimia UGM mengatakan mengapa Es yang digunakan sebagai pelarut dalam adonan bakso bukannya air, dikarenakan dalam proses percampuran bahan bahan yang dicampur dalam adonan bakso yang kemudian diproses dalam mesin Meat Mixser dalam kecapatan tinggi akan menimbulkan panas yang terjadi karena gesekkan antara alat meat mixser dengan adonan sehingga akan menyebabkan protein daging yang rusak atau bisa juga dibilang adonan matang saat digiling. yang akan menyebakan adonan bakso rusak. jadi dapat dsimpulkan disini bahwasannya fungsi es dalam adonan bakso adalah selain sebagai pelarut adonan bakso juga berfungsi untuk menurunkan suhu reaksi adonan bakso sehingga protein bakso tidak rusak atau bercampur  rata dengan bahan bakso lainnya.
  3. Dalam temperatur suhu diatas 16 derajat celcius pencincangan atau pemrosessan daging akan menyebabkan ketidakstabilan emulasi yang dihasilkan sehingga menyebabkan adonan tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang agak lama karena akan menyebakan pertumbuhan bakteri maka dari itu digunakan batu es untuk menghambat pertumbuhan bakteri (Wilson,2001)
  4. jumlah penggunaan es dalam satu adonan bakso adalah 10 -15 persen dari berat daging bahkan juga bisa menyampai 30 persen dari berat daging (Wibowo, 2005), sedangkan menurut Elvira, 1998 penggunaan es dalam satu adonan bakso meninggkat seiring meningkatnya penggunaan tepung dalam adonan bakso.
  5. Semakin encer adonan kita maka semakin banyak jumlah pentol yang akan dihasilkan atau meningkatnya jumlah es yang kita gunakan juga akan meningkatkan jumlah rendemen bakso yang dihasilkan (Wibowo, 2015), untuk mengatasi adonan yang terlalu encer adalah dengan menambahkan pengenyal, yang akan menghasilkan pentol yang semakin kenyal. jadi kalau selama ini sobat kuliner belum bisa membuat pentol bakso yang kenyal bisa menggunakan penggenyal bakso yang sehat yang bisa dikonsumsi tubuh kita dengan sehat, seperti Kragenan, Sodium Tri Pholy pospat food grade, Mixphos, Mixkaragen yang InsyaAllah akan kita bahas dikesempatan yang akan datang


Google+

Plus One

1 komentar DI ARTIKEL:
Tips Membuat Bakso Super Enak dan Sehat

Reseponline.net, untuk membuat bakso yang enak, campurannya harus pakai es, yang dimaksud es itu, (air es atau es batu) ya.
terima kasih atas informasinya.