Iklan Header 468 x 60px

Senin, 14 September 2015

TIPS MEMILIH PENGENYAL BAKSO YANG FOOD GRADE

Reseponline.Net, Memakan bakso dengan tekstur kenyal memang memberikan sensasi kelezatan tersendiri, tetapi perlu diperhatikan untuk membuat bakso yang mempunyai tekstur kenyal, kita tidak boleh menggunakan pengenyal bakso yang dilarang seperti Pijer, Borak dan semacamnya. Adakah pengenyal bakso yang aman dikonsumsi tubuh manusia saat ini..? jawabannya tentu ada, ada beberapa pengenyal bakso yang diperbolehkan untuk dikonsumsi manusia, yang terbagi menjadi dua yaitu pengenyal yang berasal dari ekstrak bahan bahan alami dan yang kedua pengenyal yang berasal dari sintetis kimia.

Resep Membuat Bakso Malang Spesial Komplit

Tips memilih Pengenyal Bakso Food grade yang harus kita perhatikan adalah Tujuan kita membuat bakso untuk komersil atau konsumsi pribadi. Jika kita membuat bakso untuk konsumsi pribadi alangkah baiknya menggunakan pengenyal bakso yang berasal dari ekstrak alami walaupun harganya cukup mahal tetapi sangat aman dikosumsi karena berasal dari bahan alami, yang kedua bila kita membuat bakso untuk tujuan komersil dengan pangsa pasar menengah keatas alangkah baiknya kita juga harus memilihkan bahan bahan yang berkualitas, karena biasanya para penikmat kuliner kelas atas tidak memperdulikan harga suatu kuliner tetapi cita rasa dan kualitas kulinernya. Kalau kita menyasar segmen penikmat kuliner pangsa pasar menengah kebawah kita bisa menggunakan pengenyal bakso yang berasal dari sintetis kimia. Berikut beberapa nama pengenyal bakso yang saya kutip dari bengkelbakso.com :

TIPS MEMILIH PENGENYAL BAKSO YANG FOOD GRADE

1. Karagenan

TIPS MEMILIH PENGENYAL BAKSO YANG FOOD GRADE

Karagenan adalah pengenyal bakso yang terbuat dari ekstrak bahan bahan alami yaitu rumput laut. ekstrak rumput laut yang mempunyai sifat untuk mengikat air seperti yang terjadi pada proses pembuatan agar agar (Ekstrak rumput laut yang berukuran 7 gram bisa mengikat air sebanyak 800ml air atau 4 gelas air), begitu pula dengan fungsi karagenan yang dapat mengikat air dalam adonan bakso yang menghasilkan bakso bertekstur kenyal. Karagenan mengandung natrium, magnesium dan kalsium yang merupakan gugus ester sulfat dan galaktosa dan kopolimer 3,6-anhydro galaktosa (Nehen, 1987)

2. Sodium Tripolyphospat Food Grade

TIPS MEMILIH PENGENYAL BAKSO YANG FOOD GRADE

Sodium Tripolyphospat adalah pengenyal bakso anorganik yang biasa di pasaran disebut dengan STTP/STP. STP/STTP ini berbentuk serbuk halus yang mempunyai warna putih yang mempunyai rumus kimia Na5P3O10   (wikipedia). Pemakaian pengenyal makanan ini dalam adonan bakso maksimum 0,4% saja, tetapi menurut Dr Ir Anang M Legowo, MSc, seorang ahli pengolahan hasil ternak dari UNDIP mengatakan Pemakaian STTP/STP dengan kosentrasi 0,1 % - 0,2 % saja sudah cukup baik. Pengenyal bakso ini dijual cukup murah dan bisa dijadikan pilihan untuk usaha bakso dengan pangsa pasar Menengah Kebawah

3. Pengenyal Bakso MIXPHOS/PHOSPAT BLEND FG

TIPS MEMILIH PENGENYAL BAKSO YANG FOOD GRADE

Pengenyal bakso yang biasa disebut dengan phosmik, Mixphost atau phospat bleng FG ini sangatlah populer digunakan dalam industri bakso selain kualitas yang bagus juga tidak menimbulkan rasa getar, biasanya pengenyal ini terdiri dari beberapa pecampuran phosmix yang di impor dari australia dan thailand, maksimal penggunaan dalam adonan bakso adalah 0,2 % dari berat total adonan, dan mengenai harga Mixphost lebih mahal tiga kali lipat dibandingkan dengan STTP/STP
Pengenyal Bakso

4. MIX KARAGENAN

Pengenyal bakso yang satu ini adalah gabungan dari pengenyal alami dan pengenyal kimia yang menghasilkan adonan yang cukup baik dengan presentasi pemakaian 0,5 -1 persen dari berat total adonan.
Itulah beberapa Tips memilih Pengenyal Bakso yang Food Grade silahkan untuk memilih yang mana yang akan dipakai untuk mengenyalkan bakso.


Google+

Plus One

0 komentar DI ARTIKEL:
TIPS MEMILIH PENGENYAL BAKSO YANG FOOD GRADE